Kamis, 09 November 2017

Pernah Bekerja di PT. Summit OTO Finance Tasikmalaya

Tanggal 16 Mei 2008 adalah hari memulai bekerja di perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor Roda dua, Tugas pokok dan fungsi dari pekerjaan itu memverifikasi data dan fakta calon konsumen yang akan melakukan kredit sepeda motor.
Pada praktiknya kita lebih banyak stanby di delear resmi Honda dan Yamaha untuk melakukan survey data bagi calon konsumen yang akan melakukan kredit kendaraan roda dua, baik konsumen yang datang langsung ke dealer (Walk in) atau lewat sales dealer yang mencari calon konsumen di luar dealer.
Ada hal yang sangat unik bila kita tidak menyetujui calon konsumen yang kita anggap tidak layak (ditolak) maka sales/supervisor/kepala dealer akan sangat merasa tidak nyaman dan biasanya menekan kita untuk bisa disetujui calon konsumen tersebut atau mengadu langsung berkomunikasi ke pimpinan kita, disinilah harus pandainya seorang Credit Marketing Officer berkomunikasi dengan baik agar dealer yang kita pegang merasa nyaman kembali dengan alasan-alasan yang rasional, bahkan terburuknya bila dealer merasa tidak nyaman maka kita tidak pernah dikasih calon konsumen (order) dan akan diberikan kepada perusahaan pembiayaan lainnya (kompetitor), atau lebih buruknya kita diusir dari dealer tersebut dengan cara berkomunikasi langsung dengan pimpinan kita untuk dimintakan pergantian orang.
kenapa dealer menginginkan calon konsumen bisa terus dibiayai, karena ada target penjualan kendaraan yang mengaharuskan stok barang habis dan terus mendapatkan alokasi barang baru sedangkan pihak perusahaan pembiayaan selain ada target calon konsumen sebanyak mungkin, tetapi kualitas calon konsumen juga menjadi perhatian khusus, apalagi dengan uang muka yang rendah, jangka waktu yang panjang dan hasil analisa (sumber pengembalian) yang minim akan sangat beresiko tinggi terjadinya kemacetan (High Risk).
selama menjadi CMO inilah sering menempuh perjalanan yang sangat jauh, suka duka selama perjalanan sangat terasa, dengan jarak tempu rata-rata perhari sekitar 67 KM maka bila bolak balik sekitar 134 KM, daerah yang pernah dikunjungi diantaranya Cipatujah, Cikalong, Taraju, Cikatomas, Cibeber, Cidadap, Ciheras, Ciawi, Manonjaya...
Sampai pada akhirnya 18 November 2010 mengundurkan diri dari CMO di PT. Summit Oto Finance, pekerjaan yang mengaharuskan fisik kuat dari terpaan angin kendaraan bermotor.


 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar